Terjemahan

Kamis, 15 Januari 2015

PUBLIC SPEAKING Dengan Baik dan Benar




1.      Pemahaman mengenai public speaking
Ternyata public speaking itu berbeda dengan kita berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Dari kecil kita dianugrahi oleh Allah SWT dapat berbicara dan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Secara teori Talk dan Speak itu berbeda.
         Talk        : yaitu anugrah dari Tuhan yang diberikan oleh setiap manusia untuk dapat berbicara.
         Speak     : yaitu suatu ilmu yang harus kita pelajari dengan baik.
Dan yang kita lakukan selama ini dalam kehidupan sehari-hari itu Talk  bukan Speak. Setelah kita tahu perbedaan antara keduanya. Sekarang apa itu public speaking ?
Public Speaking : yaitu aktivitas seseorang untuk menyampaikan
apa yang ingin disampaikan dengan baik dan benar di hadapan orang banyak serta dapat dimengerti oleh pendengar.

 2.      Manfaat Public Speaking
Banyak sekali manfaat dari Public Speaking diantaranya yaitu :
o   Memberikan nilai lebih ketika melamar pekerjaan.
o   Modal awal untuk menjadi seorang pemimpin.
o   Menumbuhkan rasa percaya diri
o   Public Speaker merupakan profesi termahal di Indonesia

 3.      Tips melakukan Public Speaking dengan baik

o   Mengatasi Gerogi
Gerogi itu tidak bisa dihilangkan hanya saja dapat diminimalisir sehingga gerogi itu tertutup dengan penyampaian yang menarik.
Gerogi itu juga ada manfaatnya yaitu agar kita mempersiapkan lebih matang materi yang akan kita sampaikan.
Beberapa cara meminimalisir gerogi, yaitu :
-      Gerakkan Badan : Ketika melakukan Public Speaking gerakan anggota badan mulai dari tangan sampai kaki. Kuasai panggung dengan berjalan kekanan dan kekiri. Semakin banyak kita melakukan gerakan semakin banyak pula gerogi yang tersalurkan.

-        Tarik Napas : tarik nafas bertujuan untuk menurunkan denyut jantung, ketika kita gerogi jantung kita berdenyut sangat kencang dan ketika kita menarik nafas panjang maka perlahan denyut jantung akan menurun dan itu akan menurunkan gerogi.

-       Senyum Salam Sapa : Gerogi timbul juga karena kita tidak mengenal dengan siapa kita berbicara oleh karena itu awal kali ketika melakukan Public Speaking diharuskan untuk mengucap salam menyapa dan selalu tersenyum. Itu juga akan menurunkan gerogi

-       Curi Waktu : Ketika kita dipanggil untuk memulai Public Speaking berjalanlah dengan perlahan sehingga denyut jantung yang ketika disebut nama kita itu cepat menjadi perlahan ketika berjalan dari kursi ke depan.

o   Posisi tubuh
-          Jangan silangkan kaki dan tangan
Karena menyilangkan tangan atau kaki dapat menunjukkan bahwa kita tertutup terhadap audiens dan ini tidak menciptakan hubungan pembicaraan yang baik. Bukalah selalu posisi tangan dan kaki kita.

-          Jagalah posisi kepala untuk tetap lurus
Jangan melihat ke bawah dan ke atas ketika kita berbicara. Kita akan terlihat seperti tidak nyaman berbicara dan juga terlihat seperti orang yang tidak percaya diri.

-          Lakukan kontak mata, namun bukan menatapnya
Dengan melakukan kontak mata pada audiens kita dapat membuat hubungan pembicaraan menjadi lebih baik dan kita dapat melihat apakah mereka sedang mendengarkan atau tidak. Namun juga bukan dengan menatapnya (terus menerus), karena akan membuat audiens menjadi gelisah.

-          Mengangguk ketika audiens sedang berbicara
Mengangguk menandakan bahwa kita memang sedang mendengarkan. Namun juga jangan mengangguk berlebihan (terus menerus dan cepat) , karena akan terlihat seperti dibuat-buat.

-          Condongkan badan, namun jangan terlalu banyak
Dengan menyondongkan badan kita terkesan bahwa kita tertarik dengan apa yang disampaikan oleh audiens, ini akan menjadikan audiens yang sedang berbicara senang dan semakin tertarik kepada kita.

-          Hindari gerakan yang menunjukkan bahwa kita gerogi
Seperti menyentuh muka kita, menggoyang-goyangkan kaki atau mengetuk-ngetuk jari di atas meja dengan cepat. Gerakan-gerakan semacam itu menunjukkan bahwa kita gerogi dan dapat mengganggu perhatian audiens.

o   Pembukaan
-          Senyum Salam Sapa
Seperti yang sudah tertera diatas bahwasanya pertama kali ketika memulai Public Speaking kita harus melakukan 3S yang bertujuan untuk menurunkan gerogi selain itu juga akan menarik perhatian audiens karena dengan kita bersikap ramah maka audiens akan merasa nyaman dan akan menumbuhkan motivasi untuk tetap mengikuti sampai selesai.

-          Berikan Apresiasi untuk Audiens
Ini bertujuan untuk membangkitkan semangat audiens yang sebelumnya merasa lelah dengan kegiatan sebelumnya, dengan memberikan apresiasi berupa tepuk tangan ataupun ucapan terimakasih itu sudah cukup.



o   Berbicara
-          Hindari “Gravity Verbal”
Gravity Verbal yaitu sebuah bunyi yang berupa “a…,e…” jika Public Speaker sering menggunakan gravity verbal tanpa disadari audiens akan hilang focus dan enggan untuk menyimak, dan perlu di ingat gravity verbal ini ibarat hama yang harus di basmi karena sangat mengganggu.

-          Sisipkan Intermeso
Intermeso atau selingan ini bertujuan untuk mengendorkan syaraf yang tegang ketika audiens memperhatikan dengan sungguh-sungguh, intermeso dapat berupa humor, gerakan tubuh, dan sebagaianya.

-          Jangan berhenti bicara lebih dari 2 detik
Karena ketika kita berhenti bicara lebih dari 2 detik akan menimbulkan kesan kita berpikir dan itu akan menyebabkan audiens hilang konsentrasi dan akan bosan untuk menyimak apa yang kita katakan.

-          Intonasi Suara
Intonasi suara atau tinggi rendahnya suara ini bertujuan untuk mempertegas dan memperhalus sebuah kalimat, ketika kita mengucap kalimat yang menurut kita penting kita pertinggi suara agar dapat tersimpan dimemori audiens.

Mungkin itu beberapa trik dan tips mengenai PUBLIC SPEAKING jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan jika berkenan tinggalkan komentar untuk kritik dan saran agar kedepannya saya dapat menulis lebih baik lagi, semoga bermanfaat. Terimakasih

1 komentar: